Materi Analisa Target Market Oleh Dosen Telkom University Di SMK Pariwisata Telkom Bandung

January 24, 2022

Serangkaian kegiatan program pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh Telkom University yang merupakan kolaborasi antara 3 fakultas diantaranya Fakultas Komunikasi Bisnis, Fakultas Ilmu Terapan, dan Fakultas Ekonomi Bisnis untuk Pendampingan PPBD SMK Pariwisata Telkom  terus berlanjut. Pengabdian masyarakat ini dilakukan untuk mempersiapkan SDM SMK Parisiwata Telkom dalam rangka menyambut Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). 

Acara yang baru saja berlangsung pada tanggal 13 Januari 2022 berlokasi di AULA SMK Pariwsiata Telkom Bandung kali ini berfokus pada bagaimana cara menargetkan market yang sesuai dengan kebutuhan dari SMK Pariwisata Telkom Bandung. Kegiatan berlangsung selama tiga jam yang disampaikan oleh 3 pemateri hebat yang diantaranya adalah, Bapak Refi Rifaldi Windya Giri, ST. MBA. , Ibu Rah Utami Nugrahani, Ph.D, serta Ibu Berlian Primadani Satria Putri, S.Ikom., M.Si.

Pemateri menyampaikan pemaparan yang difokuskan pada keadaan nyata SMK Pariwisata Telkom Bandung, mulai dari penyampaian teori untuk memahami dasar dari cara menentukan target market hingga memberikan penyelesaian dari permasalahan yang dialami oleh SMK Pariwisata Telkom Bandung. Materi yang disampaikan meliputi Admissions Funnel, Segmentasi Pasar, cara menentukan target market, hingga melakukan praktik secara berkelompok mengenai bagaimana mengetahui persona atau karakter dari para siswa yang bersekolah di SMK Pariwisata Telkom Bandung. Pemberian materi pada Tim PPDB SMK Pariwisata Telkom mengenai target kegiatan pemasaran menjadi highlight utama dalam kegiatan tersebut, salah satunya penekanan bahwa yang menjadi sasaran pemasaran mereka itu bukan hanya dari calon muridnya saja namun juga para calon orang tua murid.

Dalam melakukan kegiatan pemasaran demi menyambut Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) pemateri menyampaikan pentingnya untuk mengetahui konsep-konsep pemasaran salah satunya Admissions Funnel, “Admission Funneling pada dasarnya adalah satu konsep pemasaran dimana sekolah nantinya bisa berkomunikasi dengan calon konsumen sesuai dengan bahasa mereka, konten yang sesuai, dan di sampaikan pada waktu yang tepat. Dengan memahami proses admission funneling ini, maka tim PPDB diharapkan dapat bekerja dengan lebih efektif dan efisien dalam melaksanakan program-program pemasaran mereka.” ucap Refi Rifaldi.

Dalam kegiatan tersebut terlihat antusiasme dari para peserta untuk mencari tahu berbagai solusi dan permasalahan yang mungkin dapat diselesaikan terutama dalam menentukan sasaran kegiatan pemasaran secara digital yang dimulai dari segmentasi pasar, “Karena segmentasi pasar memiliki peran yang sangat krusial agar perusahaan dapat memasarkan produk/jasa secara tepat sasaran,  dan lebih efektif serta efisien” ucap Berlian Primadani ketika pemaparan materi mengenai segmentasi pasar. 

Pemaparan materi berlanjut dengan pembahasan target market, dimana target market merupakan sekumpulan calon konsumen yang memiliki kebutuhan atau karakteristik yang sama yang diputuskan untuk dilayani oleh sebuah perusahaan, dan target market merupakan salah satu faktor penting dalam kegiatan pemasaran, “Pemilihan target market yang tepat menjadi penentu kegiatan komunikasi pemasaran  selanjutnya” ujar Rah Utami Nugrahani.

Selai itu pemanfaatan sosial media, website, dan berbagai media digital lainnya menjadi peluang besar bagi SMK Pariwisata Telkom Bandung untuk meraih banyak calon peserta didik baru, “Jadikan sosial media dan website perusahaan menjadi etalase untuk para calon konsumen” ujar Refi Rifaldi. Karena tidak dapat dipungkiri dalam masa pandemi Covid-19 ini cukup sulit bagi para calon peserta didik baru dan calon orang tua peserta didik untuk bisa mengetahui bagaimana kondisi sekolah, baik itu untuk melihat fasilitas, kualitas tenaga pengajar, dan sebagaianya. Maka dari itu pemanfaatan sosial media dapat menjadi peluang besar dalam mendapatkan banyak peserta didik baru yang sesuai segmentasi dan target market dari SMK Pariwisata Telkom Bandung itu sendiri. 

Tentunya dalam pemasaran yang memanfaatan sosial media kita harus mencari tahu terlebih dahulu sosial media apa saja yang digunakan oleh para calon orang tua peserta didik dan calon peserta didik, lalu bagaimana perilaku para orang tua yang sedang mencari sekolah untuk anaknya, begitu juga dengan bagaimana perilaku anak dalam mencari sekolah agar keseluruhannya tepat sesuai segementasi serta target pasar yang dikelola oleh SMK Pariwisata Telkom Bandung. Selain itu pemanfaatan sosial media juga dapat dilakukan dengan melakukan cross media, yaitu menggunakan satu bahan konten yang diupload dalam berbagai sosial media, hal ini dapat mempermudah dan mempersingkat proses pembuatan konten dalam berbagai sosial media.