Telkom University Resmikan KKN Tematik Budaya

BANDUNG, Telkom University – Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Telkom University (Tel-U) kembali digelar, kali ini KKN Tematik Telkom University berfokus pada sisi budaya, di mana KKN Tematik Budaya ini bekerja sama dengan Keraton Sumedang Larang, dan akan berlangsung pada semester Genap tahun akademik 2021/2022.

Pada acara Grand Launching KKN Tematik Budaya yang berlangsung secara daring, Kamis (20/1), ketua KKN Tematik Budaya, Citra Kusuma Dewi. Ph.D., menyampaikan bahwa kegiatan ini akan dibuka untuk seluruh mahasiswa Telkom University sekaligus para dosen sebagai pembimbing mahasiswa.

“Untuk pendaftaran KKN Tematik Budaya ini sudah dibuka mulai tanggal 20 Januari sampai 27 Januari 2022, di mana terdapat 4 program dalam kegiatan ini antara lain program kegiatan branding, program dokumentasi visual, program yang meliputi digitalisasi dan inovasi perancangan motif keraton Sumedang Larang, dan program komunitas budaya Geusan Ulun.” Ucapnya.

Turut hadir sebagai pembicara dalam kegiatan ini, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Menparekraf RI) Dr. Sandiaga S. Uno, beliau berpesan kepada seluruh mahasiswa yang akan mengikuti kegiatan KKN Tematik Budaya ini, ada 3G yang harus dilakukan, yang pertama adalah harus Gercep (Gerak Cepat), harus mampu bergerak cepat untuk mau berkembang dan mengembangkan potensi diri. “G Yang kedua adalah kita harus gerak bersama, kolaborasi dan bergandengan tangan untuk bisa memanfaatkan potensi budaya yang dimiliki bangsa Indonesia, kemudian Gass Poll, yang diartikan garap semua potensi online, terus ciptakan lapangan kerja baru, terus berinovasi dan tuangkan ide-ide kreatif yang dimiliki oleh generasi muda.” Ucapnya.

Dr. Sandi menyampaikan, untuk meningkatkan kualitas pariwisata budaya di Indonesia, harus bisa dikemas dengan inovasi, dan edukasi, yang diperkuat melalui storytelling, sampaikan budaya Indonesia dengan cara yang interaktif, baik melalui gambar, video, music, alat peraga, bahkan melalui website dan aplikasi.

“Saya harap yang mengikuti KKN ini dapat mengembangakan unsur budaya dengan baik melalui inovasi dan storytelling nya, semoga kita bisa menghasilkan innovator muda untuk dapat membangkitkan ekonomi bagi bangsa dan menciptakan lapangan kerja baru bagi bangsa Indonesia.” Ucapnya.

Rektor Telkom University, Prof. Adiwijaya menyampaikan bahwa melalui KKN Tematik Budaya ini merupakan bentuk kepedulian bersama dalam melestarikan budaya bangsa Indonesia.

“Ini merupakan salah satu bentuk pengabdian kami (Tel-U) kepada masyarakat diluar kampus, sekaligus merupakan kegiatan MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka), dimana ilmu yang didapat mahasiswa di kampus dapat diimplementasikan langsung di masyarakat.” Ucapnya.

Prof. Adiwijaya berharap kegiatan KKN Tematik Budaya ini dapat menumbuhkan kepedulian masyarakat Indonesia terhadap budaya yang ada di bangsa ini.

“Semoga kegiatan ini bisa menjadikan inspirasi untuk seluruh masyarakat agar terus melestarikan budaya bangsa, sehingga dapat memberikan yang terbaik untuk masyarakat Indonesia.” Ucapnya.

Selain itu turut hadir sebagai pembicara, Rd. Luky Djohari Soemawilaga (Raja Anom Keraton Sumedang Larang) dan mahasiswa Fakultas Industri Kreatif Telkom University M. Daffa Yudhistira yang merupakan Jajaka Pinilih Kabupaten Bandung 2021.